Ijin Mendirikan Lokasi Pemakaman

B.Pelayanan Ijin Mendirikan/Membuka Lokasi Pemakaman

NO. KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1987 tentang Penyediaan dan Penggunaan Tanah untuk Keperluan Tempat Pemakaman ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1987 Nomor 15, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3350 );

Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Pemakaman dan Taman Pemakaman Umum di Kota Banjarbaru;

Peraturan Walikota Banjarbaru Nomor 27 Tahun 2016 tentang Pelayanan Pemakaman di Taman Pemakaman Umum Pemerintah Kota Banjarbaru.

2. Persyaratan Pelayanan Luas Lahan Minimal 2 ( dua ) Hektar

Surat Permohonan Izin Membuka Lahan/Lokasi Makam

Sertifikat/Segel/Sporadik Tanah yang akan diajukan.

Lunas PBB ( Pajak bumi dan Bangunan )

Fotocopy KTP Pemilik/Pemohon

Persetujuan para tetangga/masyarakat sekitar atas berdirinya lokasi makam ( minimal 50 % dari  komunitas dan diketahui RT, Lurah dan Camat).

Dilengkapi struktur pengelola Makam ( Organisasi/ Yayasan).

Rekomendasi dari Bappeda, terkait kesesuaian RT/RW.

Fotocopy Izin Lokasi/Izin Pemanfaatan Lahan

Fotocopy NPWP.

Daftar Fasilitas dan Denah Tata Ruang.

Membuat Peta, Gambar ( Siteplan) Zona Blok makam.

Surat Pernyataan dari pimpinan yang berbadan hukum, untuk bersedia memenuhi ketentuan yang ada dalam Perda Nomor 2 Tahun 2009.

 

3. Sistem  Mekanisme dan Prosedur Pemohon memasukan berkas ( persyaratan membuka lahan pemakaman ) ke Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Banjarbaru.

Berkas yang masuk pada Dinas Perumahan dan Permukiman diagendakan, setelah itu masuk ke Sekretaris Dinas untuk didisposisi.

Penetapan Disposisi oleh Kepala Dinas.

Penyampaian Disposisi kepada Kepala Bidang Pertamanan, Pemakaman dan PJU.

Kepala Bidang Pertamanan, Pemakaman dan PJU menginstruksikan kepada Kepala Seksi Pemakaman untuk proses selanjutnya.

Pemeriksaan, penelitian, penilaian dan koreksi dokumen teknis oleh Kepala Seksi Pemakaman.

Menghubungi pemohon.

Merekomendasikan kepada pemohon bahwa proses selanjutnya di DPM & TPST.

4. Jangka Waktu Penyelesaian ·      Proses 1 ( satu ) Hari.
5. Biaya/Tarif Untuk Izin Mendirikan/Membuka Lokasi Pemakaman tidak dikenakan tarif/biaya
6. Produk Pelayanan Surat Izin Mendirikan Lahan Pemakaman
7. Sarana dan prasarana dan /atau Fasilitas Komputer yang dilengkapi program kerja, ATK
8. Kompetensi Pelaksana Memahami peraturan  dan ketentuan yang berlaku

Mengetahui Tugas Pokok dan Fungsi

Bisa mengoprasikan peralatan, perlengkapan yang dipakai.

9. Pengawasan Internal Pengawasan oleh Atasan langsung secara berjenjang
10. Penanganan Pengaduan Melalui Kotak Saran

Dibentuk tim/petugas khusus pengaduan, saran dan masukan.

11. Jumlah Pelaksana ·      2 Orang
12. Jaminan Pelayanan Diwujudkan dalam kualitas proses layanan yang didukung oleh petugas yang berkompeten di bidang tugasnya dengan perilaku pelayanan yang terampil, cepat, tepat, dan santun.
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan ·      Prosedur pelayanan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

·      Kompetensi verivikator yang ditugaskan dijamin kehandalannya.

14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuran penerapan 14 komponen standar pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya setiap 1 (satu) tahun.