Rekomendasi Ijin Mendirikan Bangunan

A.Pelayanan Rekomendasi Ijin Mendirikan Bangunan

NO. KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum Peraturan Daerah Kota Banjarbaru Nomor 4 Tahun 2013 Tentang Bangunan Gedung;

Peraturan Daerah Kota Banjarbaru Nomor 15 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Banjarbaru Nomor 35 Tahun 2011 Tentang Retribusi Ijin Mendirikan Bangunan;

Peraturan Walikota Nomor 12 Tahun 2009 tentang Rencana Kawasan disekitar Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru;

Peraturan Walikota Banjarbaru Nomor 22 Tahun 2012 Tentang Ketentuan da Persyaratan Ijin  Mendirikan Bangunan di Wilayah Kota Banjarbaru;

Peraturan Walikota Banjarbaru Nomor 25 Tahun 2010 Tentang Ketentuan dan Persyaratan Ijin Mendirikan Bangunan di Wilayah Kota Banjarbaru;

Peraturan Walikota Banjarbaru Nomor 67 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan, Sertifikat Layak Fungsi, Tim Ahli Bangunan Gedung dan Penetapan Bangunan Gedung.

2. Persyaratan Pelayanan Berkas Permohonan dan Surat Pengantar dari DPM & TPST.
3. Sistem  Mekanisme dan Prosedur Berkas Permohonan dan Surat Pengantar dari DPM & TPST yang masuk pada Dinas Perumahan dan Permukiman diagendakan, setelah itu masuk ke Sekretaris Dinas untuk didisposisi.

Penetapan Disposisi oleh Kepala Dinas Penyampaian Disposisi kepada Kepala Bidang Perumahan.

Kepala Bidang Perumahan Menginstruksikan untuk persiapan dan pelaksanaan  kepada Kasi Penataan , Pengawasan Bangunan dan Reklame.

Pemeriksaan, Penelitian, penilaian dan koreksi  dokumen teknis oleh  Kepala Seksi Penataan, Pengawasan Bangunan dan Reklame.

Kepala Seksi Penataan, Pengawasan Bangunan dan Reklame mengkoordinasikan kepada pelaksana untuk instruksi jadwal lapangan.

Mengubungi pemohon

Pelaksana Tugas kelapangan bersama pemohon menentukan patok rencana batas bangunan sesuai ketentuan, membuat Berita Acara Pemeriksaan.

Pelaksana tugas menggambar Siteplan, menghitung retribusi IMB dan membuat surat laporan, pengantar, rekomendasi.

Kepala Seksi Penataan, Pengawasan Bangunan dan Reklame menerima, memeriksa laporan hasil peninjauan lapangan, memaraf/menandatangani berkas rekomendasi.

Kabid Perumahan memeriksa, Menandatangani, memaraf berkas rekomendasi teknis

Kepala Dinas memeriksa, Menandatangani berkas rekomendasi teknis.

Pelaksana mengagendakan, menggandakan, mengarsifkan dan mengirim rekomendasi teknis yang sudah selesai ke  DPM & TPST dan berkas yang ditolak juga dikembalikan ke DPM & TPST untuk proses selanjutnya.

 

4. Jangka Waktu Penyelesaian ·      Proses Rekomendasi Teknis IMB 3 (tiga ) Hari

·      Proses Penerbitan Rekomendasi IMB 1 ( satu ) Hari

5. Biaya/Tarif ·      Untuk pembuatan Rekomendasi IMB tidak dikenakan biaya/tarif.
6. Produk Pelayanan ·      Surat Rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan
7. Sarana dan prasarana dan /atau Fasilitas ·      Komputer yang dilengkapi program kerja, ATK
8. Kompetensi Pelaksana ·      Memahami peraturan yang terkait dengan Ijin Mendirikan Bangunan

·      Mengetahui Tugas Pokok dan Fungsi

·      Bisa mengoprasikan peralatan, perlengkapan yang dipakai.

9. Pengawasan Internal ·      Pengawasan oleh Atasan langsung secara berjenjang
10. Penanganan Pengaduan ·      Melalui Kotak Saran

·      Dibentuk tim/petugas khusus pengaduan, saran dan masukan.

11. Jumlah Pelaksana ·      2 Orang
12. Jaminan Pelayanan Diwujudkan dalam kualitas proses layanan yang didukung oleh petugas yang berkompeten di bidang tugasnya dengan perilaku pelayanan yang terampil, cepat, tepat, dan santun.
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan ·      Prosedur pelayanan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

·      Kompetensi verivikator yang ditugaskan dijamin kehandalannya.

14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuran penerapan 14 komponen standar pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya setiap 1 (satu) tahun.