Rekomendasi Ijin Penebangan Pohon

E. Pelayanan Rekomendasi Ijin Penebangan Pohon

NO. KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum ·      Peraturan Walikota Banjarbaru Nomor 79 Tahun 2016 tentang ijin penebangan pohon.
2. Persyaratan Pelayanan ·      Berkas Permohonan dan foto visual lokasi pohon yang akan di tebang.
3. Sistem  Mekanisme dan Prosedur ·      Berkas Pemohon dan foto visual masuk pada Dinas Perumahan dan Permukiman, diagendakan, setelah itu masuk ke Sekretaris Dinas untuk didisposisi.

·      Penetapan Disposisi oleh kepala Dinas.

·      Penyampaian Disposisi kepada kepala Bidang P3JU

·      Kepala Bidang P3JU menginstruksikan untuk survey dan penilaian,dan pelaksanaan kepada Kasi Pertamanan.

·      Kepala Seksi Pertamanan mengkoordinasikan kepada tim survey dan penilai untuk meninjau lokasi.

·      Kepala Seksi Pertamanan melakukan rapat pembahasan, memeriksa laporan hasil penilaian dan survey ke lapangan.

·      Kepala Seksi Mengeluarkan berita acara hasil rapat.

·      Diterbitkannya surat rekomendasi izin penebangan, yang di paraf dan diperiksa oleh Kasi Pertamanan Dan Kepala Bidang P3JU dan ditanda tangani oleh Kepala Dinas.

·      Surat Rekomendasi izin disampaikan kepada Pemohon.

·      Pelaksanaan Penebangan oleh dinas/pribadi pemohon.

4. Jangka Waktu Penyelesaian ·      Proses Permohonan ijin penebangan pohon 1( satu ) Hari.

·      Proses penebangan pohon 2 (dua ) Hari.

5. Biaya/Tarif ·      Untuk Pembuatan rekomendasi izin penebangan pohon tidak dikenakan biaya/tarif.
6. Produk Pelayanan ·      Surat Rekomendasi Izin Penebangan Pohon.
7. Sarana dan prasarana dan /atau Fasilitas ·      Komputer yang dilengkapi program kerja, ATK.
8. Kompetensi Pelaksana ·      Memahami peraturan yang terkait dengan Ijin Penebangan Pohon.

·      Mengetahui Tugas Pokok dan Fungsi.

·      Bisa mengoperasikan peralatan, perlengkapan yang dipakai.

9. Pengawasan Internal ·      Pengawasan oleh Atasan langsung secara berjenjang
10. Penanganan Pengaduan ·      Melalui Kotak Saran.

·      Dibentuk tim/petugas khusus pengaduan, saran dan masukan.

11. Jumlah Pelaksana ·      2 Orang.
12. Jaminan Pelayanan Diwujudkan dalam kualitas proses layanan yang didukung oleh petugas yang berkompeten di bidang tugasnya dengan perilaku pelayanan yang terampil, cepat, tepat, dan santun.
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan ·      Prosedur pelayanan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

·      Kompetensi verivikator yang ditugaskan dijamin kehandalannya.

14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuran penerapan 14 komponen standar pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya setiap 1 (satu) tahun.